26 Maret 2021 13:25 wib

Pada hari kamis, 25 Maret 2021, Program Studi Sejarah Peradaban Islam menyambut tamu dari IAIN Salatiga. Di antara tamu yang datang ialah bapak Beni Ridwan (Dekan FUADAH IAIN Salatiga), Supardi (WD I FUADAH IAIN Salatiga), dan Sutrisna (Kaprodi SPI FUADAH IAIN Salatiga). Kedatangan tamu dari Salatiga disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Maraimbang, M.A. Dalam kunjungannya ke Fakultas Ilmu Sosial ialah untuk menjalin Nota Kesepakatan (MoA) dengan Fakultas Ilmu Sosial yang ditandatangani oleh Dekan FIS UIN SU dan Dekan FUADAH IAIN Salatiga untuk mengembangkan serangkaian kerjasama, di antaranya di bidang penelitian. Selain itu, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora IAIN Salatiga berharap dapat mengembangkan penelitian yang ada di wilayah Sumatera Utara dapat melibatkan para dosen dan mahasiswa untuk melakukan ekskavasi di kemudian hari.

Kaprodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara  juga sangat mengapresiasi keniatan peneliti dari IAIN Salatiga untuk melibatkan para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial untuk melakukan ekskavasi nantinya. Karena sebelumnya, para dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial selalu melibatkan mahasiswa di dalam melakukan penelitian, seperti yang dilakukan di Barus. Sebelumnya juga para mahasiswa Prodi SPI UIN Sumatera Utara juga melakukan ekskavasi terhadap peninggalan Islam yang ada di Desa Sijago Jago selama 20 hari bersama dengan tim peneliti dari luar.

Selain penyambutan kepada para tamu dari IAIN Slatiga, Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Sumatera Utara juga melakukan kuliah umum dengan menghadirkan narasumber dari IAIN Salatiga, yaitu Bapak Sutrisna selaku Kaprodi SPI IAIN Salatiga dengan dihadiri oleh para mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Sumatera Utara. Dalam kuliah yang disapaikan oleh narasumber terkait dengan kurikulum. Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran harus disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Jika di UIN Sumatera Utara lebih ke arah Sejarah Peradaban Islam yang Sosial Islam, sedangkan Prodi SPI IAIN Salatiga lebih mengarah kepada Islam yang moderat.