21 Januari 2021 12:26 wib
  • akademik

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial semester VII, terutama mahasiswa Program Studi Sejarah Perdaban Islam untuk syarat untuk mencapai gelar sarjana. Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan mahasiswa di lapangan sebenarnya bukan kegiatan pengabdian, melainkan program tersebut bertujuan supaya mahasiswa dapat menggali situs-situs sejarah maupun tradisi dan budaya yang berada di daerah mahasiswa masing-masing. Hal ini juga dapat meningkatkan dan memperdalam keterampilan mahasiswa terkait dengan terjun langsung ke lapangan. Dengan demikian kegiatan PPL harus lebih menekankan keterampilan mahasiswa dalam mengeksplore temuan-temuannya terkait situs sejarah.

Dalam proses Praktek Kerja Lapangan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan dengan pengelola situs-situs sejarah maupun masyarakat yang terlibat dalam sebuah tradisi dan budaya yang berada di tengah-tengah masyarakat. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) atau Dosen Pamong UIN Sumatera Utara Medan. Sehingga diharapkan melalui Praktek Kerja Lapangan di daerah masing-masing, mahasiswa memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian secara langsung.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam, bu Yusra Dewi Siregar bahwa "Program Kerja Lapangan pada saat ini tidak jauh berbeda dengan program pada tahun lalu. Mulai dari pamong hingga prakteknya. Kegiatan Program Kerja Lapangan berlangsung selama 14 hari dengan dibantu oleh Dosen Pembimbing/ Dosen Pamong. Mahasiswa biasanya dapat bertatap muka dengan Dosen Pamongnya untuk mendapatkan arahan secara langsung terkait objek penelitian lapangan yang sedang dilakukan pada saat Praktek Kerja Lapangan. Oleh karena itu, mahasiswa dihimbau untuk selalu berkoordinasi dengan Dosen Pamong PKL. Bukan hanya itu saja, mahasiswa juga dapat mengangkat maupun mengambil tema yang berkaitan dengan tradisi dan budaya yang berada di masyarakat setempat. ”Sehingga mahasiswa dapat mengekspolore tradisi yang sebelumnya belum pernah dieksplore atau diketahui oleh masyarakat luas.

Acara pembekalan dan pelapasan Program Studi Sejarah Peradaban Islam ini diresmikan oleh Ketua Jurusan, ibu Yusra Dewi Siregar, M.A. beliau menghimbau seluruh mahasiswa dapat mengerjakan dengan baik dan mematuhi protkol kesehatan. Hal ini dikarenakan siuasi pandemic yang mengharuskan mahasiswa mematuhi segala ketentuan yang dianjurkan oleh pemerintah. Beliau juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa dapat menyusun laporan dengan baik dan selalu koordinasikan dengan Dosen Pamong sehingga laporan sesuai dengan yang diharapkan. Yang terpenting, mahasiswa juga dapat mengumpulkan laporan tepat pada waktunya. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para dosen pamong dan pimpinan Fakultas Ilmu Sosial. Acara pembekalan ini secara resmi ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Soisal, Dr. Maraimbang, M.A. (Medan, 20 Januari 2020).