21 Februari 2020 17:00 wib

Studium General Islamofobia di Eropa, Kasus Jilbab di Eropa diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, UIN Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2019 di Aula Pusbinsa Lantai 2, UIN Sumatera Utara. Narasumbernya ialah Ima Sri Rahmani, S, Psi, MA. yang merupakan kandidat Ph.D di Universite Catholique de Louvain-UC Louvain dalam bidang Psikologi Sosial dan juga merupakan dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  

hd porn

Dalam kegiatan studium general ini narasumber menceritakan pada tahun 2007 terdapat kasus di Belgia dialami seorang muslimah memakai jilbab ialah kasus Hagar Lachiri yang datang ke pengadilan untuk ikut bersidang saudara laki lakinya. Namun Hakim memberikan pilihan untuk keluar atau melepaskan Jilbabnya. pada akhirnya dia tetap bersikukuh untuk datang. Namun dia dianggap melanggar ketertiban umum. Akhirnya di melaporkannya ke ECHR.

Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia (ECHR) menyatakan otoritas Belgia bersalah karena melanggar Konvensi Uni Eropa tentang Hak Asasi Manusia setelah mengusir seorang perempuan Muslim keluar dari ruang sidang.

Menurut ECHR, otoritas Belgia telah melanggar Pasal 9 Konvensi UE tentang HAM mengenai kebebasan berpikir, hati nurani, dan agama.Pengusiran Lachiri dari ruang sidang karena dia menolak melepaskan jilbabnya merupakan 'pengekangan' terhadap haknya menjalankan agamanya.

"Belgia harus membayar denda sebesar EUR1.000 (sekitar USD1.650) ke Lachiri" ujarnya kembali.

Dirinya juga merasakan Islamofobia di Polandia dimana ia seorang yang perempuan memakai jilbab mendapatkan stigma negatif dari masyarakat non muslim di kota tersebut karena merupakan minoritas. Maka atas dasar tersebut, dirinya berniat untuk tidak memberikan perlakuakn dendam kepada minoritas agama, etnis yang lain khsususnya di Indonesia dan harus menampilkan wajah Muslim yang ramah kepada minoritas dan warga dunia jangan ada diskriminasi dan tindakan intoleransi

Studium general ini dibuka oleh Dekan FIS UIN Sumut, Prof, Dr.H. Ahmad Qorib, MA, dan dihadari oleh Wakil Dekan I. Dr. Muhammad Dalimunthe, M.Hum. Wakil Dekan III. Dr. Faisal hamdani, MA, dosen, Tata Usaha dan puluhan mahasiswa FIS UIN Sumut.