18 Februari 2020 17:03 wib

Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara kini memiliki dosen muda yang bergelar Doktor. Doktor muda tersebut bernama Muhammad Faishal lahir di Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara pada 9 November 1984. Dr. Muhammad Faishal, M.Us memulai pendidikan di Perguruan Tinggi pada tahun 2003 di Prodi Perbandingan Agama, IAIN-SU ketika itu. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan masternya di Prodi Sejarah Tamaddun Islam, Akademi Pengajian Islam University of Malaya Kuala Lumpur selesai pada tahun 2012. Di tahun yang sama beliau pulang ke tanah air dan mengabdi di Fakultas Ushuluudin UIN Sumatera Utara dan pada tahun 2015 melanjutkan pendidikan Program Doktor di UIN Sumatera Utara dengan meraih beasiswa 5000 doktor.

Rabu 12 Februari 2020 Muhammad Faishal akhirnya dipromosikan dalam sidang terbuka oleh kedua promotornya, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA dan Prof. Dr. Amroeni Drajat, MA. Dalam sidang terbuka tersebut Muhammad Faishal diuji oleh Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS (Penguji Eksternal), Dr. Anwarsyah Nur, M.Ag (Penguji Internal), Dr. Arifinsyah, M.Ag (Penguji Internal). Pada sidang terbuka tersebut sidang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sumatera Utara Prof. Dr. Katimin, MA. Dalam penutupan sidang terbuka tersebut ketua sidang menobatkan Muhammad Faishal sebagai Doktor Pertama Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam setelah peralihan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Pascasarjana ke Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam.

Pada sidang promosi tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan seperti dosen-dosen UIN Sumatera Utara, tokoh masyarakat Kabupaten Batu Bara serta keluarga dari Dr.Muhammad Faishal, M.Us. Disertasi yang berjudul “Keberagamaan Masyarakat Melayu Batu Bara” dapat dipertahankan dengan baik oleh promovendus dan meraih nilai 93 sekaligus memiliki IPK 3.71. Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam, Yusrah Dewi Siregar, MA mengatakan bahwa dengan Promosi Doktor Muhammad Faishal tersebut maka Prodi SPI memiliki doktor muda yang baru untuk mengabdikan diri di Universitas Islam Negeri Sumatera khususnya di Prodi Sejarah Peradaban Islam.