12 April 2019 21:20 wib

Kegiatan Mahasiswa/I Prodi Sejarah Peradaban Islam, yaitu diskusi dwiminggu Forum Diskusi Ilmiah Sejarah Peradaban Islam (FODIMSPI), yang bertemakan Islam Moderat atau Islam Liberal yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2019, di ruang kelas mahasiswa SPI. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa/I SPI dalam menanggapi berbagai masalah penyimpangan yang terjadi dan kegiatan ini juga menambah keberanian mahasiswa/I menjadi narasumber diskusinya.

Narasumber diskusi pada kegiatan ini ialah Reza Rezky mahasiswa SPI semester 4 dan pembanding diskusinya ialah Fachri Sauqi yang juga merupakan mahasiswa SPI semester 4. Menurut pemateri Reza : mengutip dari sebuah jurnal, ia mengatakan bahwa Islam moderat muncul dari dunia barat (Eropa). Pada 2017, 300 orang Prancis menandatangani persetujuan bahwa Al-Quran menjadi momok yang menakutkan bagi kaum Yahudi dan Nasrani. Islam moderat merupakan sekularisme yang berbaju Islam, sedangkan Islam Liberal adalah Islam dengan pandangan yang bebas, yang dapat menghancurkan ajaran Islam itu sendiri.

Menurut pembanding, Fachri Sauqi menjelaskan bahwa. Islam Moderat adalah Islam yang berkemajuan di segala aspek kehidupan, sosial, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. Islam moderat hadir dalam rangka memperbaharui Islam dalam menyeimbangkan Islam dengan keadaan Islam saat ini. sedangkan Islam liberal adalah cara pandang Islam yang baru, yang mampu mendekati pikiran-pikiran seseorang mengenai Islam.